Dukung Implementasi Ketercapaian Sistem Penjaminan Mutu Internal, ISB Miliki Auditor Mutu Internal Bersertifikasi

Institut Shanti Bhuana (ISB) sebagai salah satu pendidikan tinggi yang bertujuan menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas secara berencana dan berkelanjutan, menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebagai salah satu acuan peningkatan kualitas. Didasari oleh Permenristekdikti Nomor 62 Tahun 2016 Pasal 5 mengenai Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, disebutkan dalam pelaksanaannya, SPMI memiliki siklus PPEPP, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan. Dalam siklus tersebut, terdapat tahap evaluasi dalam pelaksanaan standar SPMI, sebagai langkah untuk menjamin objektivitas evaluasi internal. Untuk itu, diperlukan Audit Mutu Internal (AMI).

AMI juga merupakan proses pengecekan kesesuaian antara program/kegiatan yang dilaksanakan dengan standar yang telah ditetapkan. Pada pelaksanaan AMI, diperlukan auditor internal yang telah terlatih dan memenuhi persyaratan sebagai auditor. Auditor yang berada dalam lingkup koordinasi Pusat Kendali Mutu ini, diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang nantinya dapat menjadi pertimbangan untuk peningkatan mutu di ISB.

Melihat pentingnya auditor dalam mengarahkan pendidikan tinggi untuk menjalankan budaya mutu yang berkualitas, tanggal 22 – 24 Juli 2019 ISB mempercayakan Tim Pusat Kendali Mutu untuk mengikuti Pelatihan Auditor AMI yang diselenggarakan oleh Universitas Tanjungpura, Pontianak. Dalam pelatihan yang menghadirkan Prof. Dr. L Hartanto Nugroho, M.Agr (Kepala Bagian Penjaminan Mutu Bidang Pendidikan, Kantor Jaminan Mutu UGM ) sebagai narasumber, para peserta dilatih menyusun dokumen SPMI dan juga untuk menjadi seorang auditor AMI.

Setelah menjalani serangkaian pelatihan dan tes kompetensi menjadi seorang Auditor AMI, tanggal 12 Agustus 2020, Tim Pusat Kendali Mutu ISB Bella Ghia Dimmera, S.Pd., M.Pd. dan Maria Angela Siokalang, S.Sos. lulus dalam mengikuti tes dan pelatihan Auditor AMI. Keduanya diharapkan mampu mendukung implementasi ketercapaian Sistem Penjaminan Mutu Internal yang mengarah pada terciptanya budaya mutu secara berkelanjutan di Institut Shanti Bhuana.