Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Program Studi Manajemen di Seminar Nasional dan Call for Paper Beneficium Keempat di Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA)

BENGKAYANG – Penelitian merupakan salah satu dari bagian kegiatan tridharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh civitas akademika dalam sebuah perguruan tinggi. Di tengah masa pandemi covid-19 ini, perguruan tinggi juga dituntut untuk tetap bisa produktif dalam hal penelitian dan mampu beradaptasi dengan kenormalan baru (new normal) dan meningkat kolaborasi yang melibatkan banyak stakeholder dengan harapan perguruan tinggi bisa bertahan dan berkembang.

Sebagai respon dari hal tersebut, Program Studi Manajemen Institut Shanti Bhuana melakukan kolaborasi bersama dengan Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) dan mitra kampus–kampus lainnya yang ada di Indonesia dalam menyelenggarakan Seminar Nasional dan Call for Paper Beneficium Keempat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 28 Juli 2021 dan dilaksanakan menggunakan media Zoom Meeting sebagai sarana pelaksanaan kegiatan. Kegiatan Seminar Nasional dan Call for Paper Beneficium Keempat ini melibatkan tiga orang pembicara yang berasal dari 2 orang kalangan akademisi dan 1 orang kalangan praktisi yaitu Bapak Dr. Mohd. Iskandar Bin Illyas Tan (Senior Lecture dari Azman Hashim dan Universitas Teknologi Malaysia), Dr. Wawan Sadtyo Nugroho, M.Si., Ak, CA (Ketua Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Magelang), dan Bapak Irvan Hermala, S.E., M.Sc. (Co-founder Start-Up Berbagi Listrik). Tema yang diambil oleh panitia dalam kegiatan ini adalah “CREATING SUSTAINABILITY VALUES IN BUSINESS UNDER HIGH UNCERTAINTY” dan dimoderatori oleh Ibu Nia Kurniati, S.E., S.Si., M.Sc. (Dosen & Ketua Unit Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah Magelang).

Program Studi Manajemen Institut Shanti Bhuana mengirimkan 5 perwakilan yang terdiri dari 1 orang dosen dan 4 orang mahasiswa yang masing-masing mengirimkan satu judul penelitian dalam kegiatan seminar nasional ini. Berikut adalah nama–nama beserta judul penelitian yang terlibat dalam kegiatan ini:

Nama

Profesi

Judul Penelitian

Pramatatya Resindra Widya, S.E., M.Sc.

Dosen dan Kepala Program Studi Manajemen

Faktor-Faktor yang Mendorong Penggunaan Transaksi Elektronik selama Masa Pandemi Covid-19

Apriyon Yosef

Mahasiswa

Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Aset Keuangan (Studi Kasus CU Bonaventura TP Sajingan Besar)

Dewi Yovita

Mahasiswa

Implementasi Model Penerimaan Teknologi dalam Mengukur Kepuasan Konsumen (Studi pada Pengguna BRI Mobile di Bengkayang)

Rika

Mahasiswa

Pengaruh Marketing Mix terhadap Minat Beli Konsumen pada Minuman Luwak White Coffee

Evarista Eva

Mahasiswa

Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Minat Masuk Calon Mahasiswa Baru di Institut Shanti Bhuana.

Salah satu perwakilan dalam kegiatan ini yaitu Bapak Pramatatya Resindra Widya, S.E., M.Sc. menjadi presenter terbaik dan tentu saja menjadi salah satu dari sekian prestasi yang telah dicapai oleh Program Studi Manajemen Institut Shanti Bhuana. Sebagai satu-satunya perwakilan yang berhasil mendapatkan apresiasi sebagai presenter terbaik, Bapak Pramatatya Resindra Widya, S.E., M.Sc. mengatakan sangat bahagia dan berharap melalui kegiatan ini dapat memotivasi para mahasiswa prodi manajemen untuk bisa meningkatkan kualitas dan diri dan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan pertemuan ilmiah seperti ini.

Selain itu beliau juga menambahkan bahwa kedepannya prodi manajemen diharapkan dapat menjadi penyelenggara dalam pertemuan ilmiah seperti seminar nasional ataupun internasional dan ini merupakan respon dari visi dan misi dari prodi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Bengkayang.

 

Penulis: William Wendy Ary, S.E., M.Sc. 
Editor: Aloysius Hari Kristianto, S.E., M.Si.