Pemilihan Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi PGSD

Himpunan mahasiswa (HIMA) merupakan organisasi di lingkungan kampus dengan tujuan melatih kemampuan mahasiswa dalam beroganisasi dan melatih kepemimpinan mahasiswa serta meningkatkan soft skill. Berpijak dari hal tersebut, maka Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Institut Shanti Bhuana yang berdiri di pertengahan tahun 2020 membentuk HIMA di lingkup prodi dan mengadakan pemilihan kepengurusan HIMA. Meskipun tergolong sebagai program studi yang baru saja berdiri, kondisi tersebut tidak menjadi hambatan untuk mengembangkan program-program penunjang aktivitas mahasiswa salah satu diantaranya adalah HIMA.

Di tengah situasi pandemic yang tidak memungkinkan dilakukan tatap muka atau pertemuan langsung dengan para kandidat pengurus HIMA prodi PGSD, maka sistem pemilihan yang diterapkan adalah dengan sistem online. Pemilihan dilakukan setelah sebelumnya ditetapkan calon kandidat ketua serta dilakukan jajak pendapat mahasiswa. Hal ini dilakukan untuk menampung aspirasi mahasiswa, karena esensi dari HIMA ini adalah organisasi dari mahasiswa untuk mahasiswa. Untuk itu, aspirasi mahasiswa dipandang sebagai sesuatu yang mutlak perlu diketahui sehingga dapat dijadikan bahan rujukan dalam menetapkan divisi yang akan dikelola oleh mahasiswa.

Melalui hasil jajak pendapat, maka ditetapkan ada 7 divisi yang akan dikelola oleh mahasiswa prodi PGSD. Ketujuh divisi ini diharapkan dapat membentuk dan mengembangkan kemampuan mahasiswa baik dalam bidang akademik, teknologi, sosial, serta kegiatan-kegiatan lainnya yang akan meningkatkan kemampuan mahasiswa secara khusus di lingkup prodi PGSD. Kegiatan pemilihan kepengurusan anggota HIMA prodi PGSD yang dilakukan dengan sistem online ini menggunakan berbagai platform diantaranya google form sebagai media pemungutan suara serta youtube untuk mempromosikan profil calon ketua HIMA prodi PGSD beserta visi dan misi yang diusung. Pengurus HIMA dipilih dan dibentuk berdasarkan asas demokrasi dimana kegiatan pemilihan dilakukan secara terbuka dan transparan. Pengurus HIMA prodi PGSD yang telah ditetapkan di lingkup prodi disahkan dan diberhentikan dengan Surat Keputusan Rektor. Adapun masa jabatan pengurus HIMA prodi PGSD adalah 1 tahun. Berdasarkan hasil pemilihan maka ditetapkan ketua HIMA prodi PGSD masa jabatan 2020-2021 adalah Mickael Febrianto Owen serta wakilnya Bundel.

Penulis: Pebria Dheni Purnasari, S.Pd., M.Pd.