Sukseskan Program Hibah Matching Fund Kedaireka Tahun 2021, Dosen ISB Gelar Pengabdian Masyarakat di Desan Cipta Karya Bengkayang

Bengkayang, ISB – Dosen Institut Shanti Bhuana (ISB) Shanti Veronica br Siahaan, S.T., M.M pada tahun 2021 mendapat kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan matching fund yang merupakan program pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang melibatkan insan perguruan tinggi dan DUDI untuk bersama-sama terlibat dalam membentuk ekosistem Kampus Merdeka–Merdeka Belajar.

Kepercayaan ini diberikan oleh pihak Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi setelah sebelumnya melakukan proses seleksi atas proposal yang diajukan dengan judul “Scale Up Bumdes Panyanggar Matching Fund Kedaireka Melalui Pendampingan Pemetaan Ulang Potensi Lokal, Penataan Administrasi, Digitalisasi Keuangan dan Marketing”. Tahap seleksipun dilakukan berupa seleksi administratif, seleksi subtansi dan verifikasi kelayakan dan kemudian di setujui untuk didanai.

Alokasi anggaran dana hibah dari pihak Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, diberikan melalui Kedaireka tahun 2021. Kedaireka sendiri merupakan program Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk meningkatkan kolaborasi perguruan tinggi dan industri serta meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang unggul

Dengan kucuran dana hibah tersebut, kemudian dosen program studi kewirausahaan Institut Shanti Bhuana, Shanti Veronica br Siahaan, S.T.,M.M dengan menggandeng sejumlah mahasiswa ISB diantaranya Deli dan Novelni Clara, serta mahasiswa dari program studi manajemen yaitu Helminus Mardi, dan diikuti juga oleh Friska Debi, mulai melakukan kegiatan pengabdiannya di Desa Cipta Karya Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kegiatan ini secara resmi dilaksanakan mulai tanggal 09 September – 15 Desember 2021, yang melibatkan BUM Desa Panyanggar, Pemerintahan Desa Cipta Karya, PKK dan Pokdarwis Desa Cipta Karya.

Adapun rangkayan kegiatan yang sudah dijalankan pada kegiatan pengabdian tersebut secara umum dapat dikelompokan dalam beberapa bagian yaitu :

  1. 1. Penataan administrasi BUM Desa dan digitalisasi keuangan
  2. 2. Pemetaan potensi pendukung usaha BUM Desa dan perintisan kegiatan usaha kuliner desa
  3. 3. Digitalisasi marketing BUM Desa melalui kegiatan konten kreator.

Pada tanggal 18 September 2021, secara khusus dilaksanakan kegiatan sosialisasi pelaksanaan kegiatan yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa, Ketua BPD, Pengurus BUM Desa Panyanggar, Ketua PKK, Perangkat desa, Pokdarwis dan Perwakilan masyarakat desa Cipta Karya. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut kemudian didokumentasikan dengan baik oleh pihak panitia dan di upload pada kanal Youtube Panyanggar dengan akses link https://bit.ly/MatchingFundISB2021.   

Berikut serangkaian kegiatan dan capaian yang telah diperoleh selama kegiatan berlangsung untuk pelaksanaan kegiatan Penataan administrasi BUM Desa dan digitalisasi keuangan

1. Sosialisasi materi PP No.11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa (Indonesia, 2021) dan Permendesa No 3 tahun 2021 tentang Pendaftaran, Pendataan dan Pemeringkatan, Pembinaan dan Pengembangan, dan Pengadaan Barang dan/atau Jasa Badan Usaha Milik Desa/Badan Usaha Milik Desa Bersama tanggal 18 September 2021.

2. Pemberian materi dan lampiran dari PP No.11 Tahun 2021 dan Permendesa No.3 Tahun 2021 Pengurus BUM Desa Panyanggar pada tanggal 08 Oktober 2021.

3. Sosialisasi portal kemendesa.go.id pada tanggal tanggal 08 Oktober 2021.

4. Pelatihan pembuatan laporan keuangan menggunakan sistem SIA BUM Desa pada tanggal 09, 14,dan 26 Oktober 2021. Kegiatan ini diawali dengan penginstalan dan penjelasan tentang sistem SIA BUM Desa dari BPKP dengan bantuan dari Bapak Meyudi Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa Dan Daerah Tertinggal Pemkab Bengkayang pada tanggal 09 Oktober 2021.

5. Pelatihan dasar akuntansi BUM Desa pada tanggal 14 dan 26 Oktober 2021.

6. Pelatihan pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi HP Android Akuntansi UKM untuk pengolahan data laporan keuangan BUM Desa Panyanggar pada tanggal 29 dan 30 Oktober 2021.

7. Diskusi dan evaluasi Perdes No. 3 Tahun 2021 Pendirian Badan Usaha Milik Desa Panyanggar dan Perkades No.4 Tahun 2021 Tentang Anggaran Rumah Tangga Bum Desa Panyanggar 12,14,15 November 2021.

8. Diskusi dan evaluasi laporan keuangan BUMDesa Panyanggar tahun 2019, Tahun 2020, dan Tahun 2021 pada tanggal 09, 14,dan 26 Oktober, 12,14,15 November 2021.

9. Diskusi Program Kerja BUM Desa Panyanggar pada tanggal 21 November, 01 dan 02 Desember 2021.

Berikut serangkaian kegiatan dan capaian yang telah diperoleh selama kegiatan berlangsung untuk pelaksanaan kegiatan pemetaan potensi pendukung usaha BUM Desa dan perintisan kegiatan usaha kuliner desa

  1. 1. Focused Group Discussion Potensi & Perintisan Usaha Pendukung Bumdes Panyanggar, Desa Wisata Cipta Karya pada tanggal 18 dan 25 September 2021.

  2. 2. Diskusi lanjutan tentang kegiatan perintisan usaha ibu PKK dalam mendukung unit usaha pariwisata BUM Desa tanggal 04 Oktober 2021

  3. 3. Persiapan PKK berjualan jagung bakar sebagai salah satu kegiatan rintisan usaha pendukung BUM Desa pada tanggal 13 dan 14 November 2021.

Berikut serangkaian kegiatan dan capaian yang telah diperoleh selama kegiatan berlangsung untuk pelaksanaan kegiatan digitalasasi marketing BUM Desa melalui kegiatan konten kreator.

  1. 1. Persiapan kegiatan lapangan dan pelatihan penggunaan mini drone serta alat perekam suara saramonic pada tanggal 01 dan 02 Oktober 2021. Kegiatan ini melibatkan pengurus BUM Desa Panyanggar, mahasiswa ISB dan juga didukung oleh Bapak Singka, pendamping Pokdarwis dari dinas pemuda, olahraga dan pariwisata (Disporapar) kabupaten Bengkayang serta Evan, praktisi pengguna drone.

  2. 2. Pengambilan konten video wisata eksplorasi keindahan bunga Rafflesia Tuan Mudae, dan rekreasi di Bukit Salapar dan Batu Bide pada tanggal 02 dan 24 Oktober 2021. Hasil kegiatan ini dapat dilihat pada kanal Youtube BUM Desa Panyanggar dengan link video https://bit.ly/BukitSalapar dan https://bit.ly/BatuBide.

  3. 3. Pengambilan konten video pengetahuan tutorial memasak masakan khas daerah dan rekreasi di Bukit Pajamet dan Riam Palayo dilakukan pada tanggal 09 dan 16 Oktober 2021. Hasil kegiatan dapat di lihat melalui link https://bit.ly/RiamPalayo1, dan https://bit.ly/BukitPajamet.

  4. 4. Pengambilan konten rekreasi waktu senja dan pagi hari di bukit yang menyimpan banyak cerita dan legenda sejarah terbentuknya bukit sepancong di unit wisata Bukit Sepadang Hill dilakukan pada tanggal 23 dan 24 Oktober 2021. Hasil kegiatan dapat dilihat melalui link https://bit.ly/SepadangHill. Selain itu juga ada tambahan membuat konten memperingati hari Sumpah Pemuda berkolaborasi dengan siswa SMA 2 Bengkayang, dengan hasil kegiatan dapat dilihat melalui link https://bit.ly/SumpahPemuda28Okt2021.

  1. 5. Mendukung desa mengikuti kegiatan virtual tour competition yang diselenggarakan oleh Sebumi pada tanggal 20-21 November 2021. Kegiatan ini juga dibantu oleh dosen ISB lainnya yaitu Listra Firgia, S.Kom., M.Kom dan Jones Parlindungan Nadapdap, S.E., M.M. Kegiatan pendukung pembuatan video teaser dapat dilihat melalui link https://bit.ly/TeaserVtcDesaCiptaKarya dan https://bit.ly/TeaserVtcDewiCiptaKarya. Dalam kegiatan kompetisi ini, Desa Wisata Cipta Karya berhasil meraih peringkat ke-3 dan memperoleh nominal uang sejumlah Rp 3.500.000, sedangkan peringkat ke-1 diraih oleh Desa Wisata Lerep dan peringkat ke-2 diraih oleh Desa Wisata Gili Indah.

Sementara pada tanggal 05 November 2021, pihak Dosen ISB kembali melakukan pendampingan dengan agenda kegiatan penyampaian materi digitalisasi marketing dan manajemen PDCA. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa, Pengurus BUM Desa Panyanggar, BPD, Pokdarwis dan perangkat desa. Dari seluruh rangkayan kegiatan pengabdian di Desa Cipta Karya ini, diketahui bahwa masih terdapat banyak ruang untuk peningkatan keberlanjutan digitalisasi marketing desa, diantaranya yaitu perlu adanya upaya pembentukan team digital marketing desa yang dapat terdiri dari content creator, traffic maker, delivery dan finance, dan hal ini secara gamblang dijelaskan secara mendetail pada kanal youtube. https://sb1mofficial.com

Author: Shanti Veronica br Siahaan, S.T., M.M
Editor: Siprianus Jewarut, SS.,M.Pd