Wujudkan Pendidikan Anak Berkarakter: PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Dan PGSD ISB Gelar Webinar Dihari Anak Nasional

BENGKAYANG– Dalam menyemarakkan hari anak nasional, Jumat 23 Juli 2021. Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang bekerjasama dengan Program Studi PGSD Institut Shanti Bhuana (PGSD-ISB), mengadakan Webinar Nasional dengan tema “Anak Gembira, Generasi Cakap Digital, Indonesia Maju”. 

Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Bapak Didi menyampaikan bahwa, kegiatan webinar yang dilakukan merupakan bentuk konkret dari penghormatan dan kecintaan kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. “Kegiatan webinar nasional ini adalah bentuk konkret dari penghormatan, perlindungan, kecintaan serta pemenuhan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa,”demikian jelas Didi, Jumat 23/72021. Lebih lanjut, Ia menjelaskan anak merupakan generasi muda yang harus selalu dibimbing. Tongkat estafet kepemimpinan bangsa ada ditangan mereka, maka perlu untuk  dijaga dengan kualitas pendidikan yang baik. 

Senada dengan ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, pembicara pertama dalam webinar tersebut Dr. Yan, S.Sos., M.Si, menegaskan bahwa setiap warga negara memiliki kewajiban untuk mendidik anak-anaknya agar menjadi anak yang baik, cerdas secara intelektual dan berkharakter pancasila. “Saat ini kita sebagai orang tua memiliki kewajiban untuk mendidik anak-anak kita. Jangan selalu menyuguhkan anak kita dengan HP. Banyak anak saat ini menjadi candu dengan HP, kalau tidak ada HP nangis. Ini salah siapa? Salah kita sebagai orang tua. Kita kurang menjaga anak-anak kita,”demikian kata Kepala BAPPEDA Bengkayang tersebut. Lebih lanjut, Ia berharap agar para orang tua mulai bijak dalam mendidik anak-anak. “Luangkan waktu bersama anak, ajak mereka bermain dan berkomunikasi, dengan itu mereka merasakan adanya kepedulian orang tua terhadap mereka,” tegasnya.

Webinar sehari yang dihadiri sekitar 400 peserta tersebut, berjalan sangat baik. Antusias peserta sangat tinggi. Sesi demi sesi mereka ikuti dengan baik serta aktif bertanya kepada semua narasumber.

Ibu Eliana Yunitha Seran selaku Moderator pada kegiatan webinar tersebut mengatakan bahwa kegiatan Webinar Nasional merupakan bentuk nyata dari kolaborasi antar perguruan tinggi dalam rangka memajukan Pendidikan di Indonesia. “Webinar Nasional ini merupakan bentuk konkret dari kepedulian perguruan tinggi dan kepedulian kita semua terhadap pendidikan anak. Kita berharap agar setiap anak di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dalam pendidikan, dan tetap merasakan kegembiraan di rumah terutama saat pendidikan daring saat ini,”ungkapnya. Eliana, menegaskan orangtua memiliki kewajiban untuk selalu melindungi anak terutama di masa pandemi ini, dan selalu mengajarkan anak tentang kepedulian terhadap sesama di masa-masa sulit. “Peran orangtua sangat penting dalam mendidik anak di rumah saja. Setiap orangtua bisa ikut melakukan berbagai kebaikan untuk mencerdaskan anak, membuat anak bahagia, gembira sehingga bisa menjadi anak yang cerdas dan kreatif. Kita semua dan terkhusus orang tua harus dapat menciptakan suasana rumah yang gembira, aman, cakap digital dan mendidik anak untuk menjadi generasi penerus bangsa menuju Indonesia Maju,” pungkasnya.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut, Dr. Yan, S.Sos., M.Si, Kepala BAPPEDA Bengkayang, Dr. Adriana Gandasari, M.Pd selaku Wakil Ketua Akademik STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Bapak Nurlyanto, S.Pd. Gr dari Bidang Pengembangan Daerah 3T PP Ikatan Guru Indonesia (IGI), Bapak Farell Flaro Ganare, S.E dari Community Sponshorship Engagement Program Specialist Wahana Visi Indonesia zona Kalimantan Barat dan Bapak Muhamad Rian Subekti, M.Pd. AIFO-P dari Sekertaris Jenderal Perkumpulan Karir Dosen Indonesia (PERKADOSI).

Selain kolaborasi antara Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang dan Program Studi PGSD Institut Shanti Bhuana (PGSD-ISB). Perguruan tinggi dan lembaga lain yang ikut berpartisipasi dalam webinar tersebut antara lain Universitas Katolik Santo Thomas, Universitas Kristen Maranatha, Universitas PGRI Semarang, Universitas Citra Bangsa, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Wahana Visi Indonesia, Ikatan Guru Indonesia, Analog Teacher of Learning, Perkumpulan Karir Dosen Indonesia, Tino Ame Studia, dan Lembaga Bahasa dan Budaya Kalimantan.

Diakhir Webinar panitia kemudian mengumumkan pemenang dari lomba-lomba yang sudah dilaksanakan sebelumnya dan juga merupakan bagian dari peringatan hari anak nasional. diadakan dari tanggal 14 Juni 2021. Lomba tersebut dimulai dari tanggal 14 Juni 2021 dengan konsep PGSD Talent Competition 2021 Perayaan Hari Anak Nasional dengan Tema Lomba: Anak Gembira, Generasi Digital, Indonesia Maju.

Penulis: Yosua Damas Sadewo, S.Pd., M.Pd
Editor: Siprianus Jewarut, SS., M.Pd