Pada tanggal 7 – 9 Oktober 2024 dilaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Literasi dan Numerasi yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang. Kegiatan ini ditujukan bagi jenjang sekolah dasar tingkat SD dan SMP yang hasil rapor pendidikannya masih tergolong rendah di bagian literasi dan numerasi. Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Kabupaten Bengkayang, Ir. Magdalena, MM, dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Bapak Heru Pujiono, S.K.M.,M.K.M.
Dua orang dosen dari Prodi PGSD ditugaskan untuk menjadi narasumber dalam kegiatan ini, yaitu Ibu Margaretha Lidya Sumarni, S.Pd.,M.Pd, dan Ibu Silvester, S.Pd,M.Pd, dengan membawakan topik materi mengenai Teknologi Pembelajaran dan Model Pembelajaran Inovatif Abad – 21.
Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti oleh 300 satuan pendidikan SD dan SMP yang ada di Kabupaten Bengkayang. Masing-masing sekolah mengirimkan satu perwakilan untuk mengikuti kegiatan workshop ini. 300 satuan pendidikan ini dibagi menjadi 3 region. Berikut yang masuk cakupan Region 1, yakni; Kecamatan Lumar, Kecamatan Ledo, Kecamatan Sanggau Ledo, Kecamatan Tujuh Belas, Kecamatan Seluas, Kecamatan Jagoi Babang, Kecamatan Siding, dan Kecamatan Suti Semarang. Adapun Region 2, yakni; Kecamatan Bengkayang, Kecamatan Teriak, Kecamatan Sungai Betung, dan Kecamatan Lembah Bawang. Untuk Region 3, yakni; Kecamatan Samalantan, Kecamatan Monterado, Kecamatan Capkala, Kecamatan Sungai Raya, dan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.
Kegiatan workshop ini bertujuan membekali para guru dalam pemilihan model pembelajaran dan pemanfaatan teknologi dengan harapan dapat menunjang proses pembelajaran di kelas sehingga siswa semakin antusias dan semangat dalam belajar. Pemilihan model pembelajaran inovatif abad-21 dan pemanfaatan teknologi yang tepat guna dapat membantu guru untuk mengefektifkan pembelajaran di kelas. Selain itu, penggunaan model dan teknologi yang sesuai dengan karakteristik belajar diharapkan mampu meningkat kemampuan literasi dan numerasi siswa.
Penulis : Margaretha Lidya Sumarni.