Dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2024/2025 tim promosi Institut Shanti Bhuana melakukan kunjungan ke sejumlah sekolah (SMK -SMA) di dalam dan luar kota kabupaten Bengkayang dan sekitarnya. Tujuan dari kegiatan ini untuk memperkenalkan kampus dan Program Studi yang ada ke siswa-siswa kelas dua belas yang tidak lama lagi akan mengikuti ujian nasional atau ujian kelulusan. Sampai saat ini telah dilakukan kurang lebih 21 sekolah yang sudah dikunjungi oleh tim promosi Institut Shanti Bhuana.
Kegiatan sosialisasi dan promosi dimulai sejak tanggal 2 Febuari 2024. Kegiatan sosialisasi dan promosi kampus ini merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara berkesinambungan sehingga penerimaan mahasiswa baru 2024-2025 dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai harapan. Kegiatan promosi ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun setiap memasuki tahun ajaran baru oleh tim promosi dengan maksud untuk mengenalkan keberadaan kampus ISB di kalangan masyarakat khususnya siswa tingkat SMK dan SMA. Selama kegiatan ini berlangsung yang berjalan lancar, semua sekolah yang dituju sebagai lokasi kegiatan promosi PMB, tedapat kesan yang sangat welcome. Anggota tim promosi yang terpilih sangatlah bersemangat dan giat dalam melakukan tugas promosinya.
Beberapa tim promosi melakukan sosialisasi ini tidak hanya sekolah-sekolah di dalam kota saja namun tahun ini promosi dilakukan hampir di seluruh sekolah yang berada di Kabupaten Bengkayang termasuk sekolah-sekolah yang ada di pelosok semuanya dikunjungi. Para siswa sekolah kelas 12 cukup antusias mendengarkan informasi yang disampaikan oleh tim promosi. Dari sosialisasi yang dilakukan yang pertanyaan yang sering muncul adalah soal biaya kuliah, akreditasi kampus, beasiswa dan kehidupan asrama.
Kegiatan sosialisasi dan promosi paling jauh yang dikunjungi oleh tim promosi adalah wilayah Siding. Bapak Usman, S.E., M.M. Selaku kepala Humas dan Promosi mengatakan bahwa promosi tahun ini semangatnya cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena bertepatan dengan keluarnya hasil akreditasi Institusi dan hasil akreditasi ke empat prodi ISB yang hasilnya adalah ”Baik sekali”. Hasil akreditasi inilah menjadi pemicu atau semangat dari tim untuk melakukan promosi lebih luas sehingga target promosi sampai ke sekolah yang berada di pelosok atau di tempat terpencilpun dijalani.
Namun ada suatu hal yang menarik adalah semangat tim promosi yaitu pemahaman tim terhadap budaya amare yang sudah mulai melekat pada tim promosi. Budaya amare merupakan terjemahan dari bahasa latin yaitu budaya cinta kasih. Implementasi dari budaya cinta kasih tentunya sudah mulai diterapkan dengan semangat cinta kasih para tim promosi yang melakukan kegiatan dengan senang hati. Mereka berbagi informasi tentang keberadaan kampus yang menawarkan sistem pendidikan yang bisa dikatakan komplit karena mahasiswa mendapatkan selain pendidikan akademik juga pendidikan karakter dan spiritual.
Dalam rangkaian acara sosialisasi dan promosi di setiap sekolah setelah tim promosi memperkenalkan diri kemudian ditayangkan video pendek tentang profil kampus Institut Shanti Bhuana selanjutnya diberikan penjelasan singkat tentang video yang ditayangkan agar siswa/i lebih memahami maksud dari pesan video yang ditampilkan.
Dari berbagai pertanyaan siswa yang lazim ditanyakan adalah soal kendala terbesar yang dihadapi siswa yang ingin melanjutkan studi pendidikan tinggi yaitu biaya, namun disini tim promosi menjelaskan bahwa Instiut Shanti Bhuana menyediakan beasiswa KIP kuliah. Institut Shanti Bhuana juga merupakan salah satu Kampus swasta dengan biaya kuliah yang masih sangat terjangkau.
Penulis : Tim Promosi
Editor : Usman,S.E.,M.M.