Dalam rangka meningkatkan animo calon mahasiswa yang ingin bergabung dengan berbagai perguruan tinggi maka diperlukan berbagai upaya yang dilakukan oleh setiap perguruan tinggi. Melalui promosi secara konvensional di tengah pandemi tentunya tidak memungkinkan, namun kesulitan ini terbantu dengan kehadiran Teknologi yang serba Digital. Maka dilakukan persiapan yang matang dan tepat yaitu dengan memanfaatkan peran Teknologi digital untuk diakses oleh banyak orang menggunakan jaringan internet.
Salah satu Promosi yang dilakukan adalah menggunakan digital marketing dengan mengakses website kampus untuk di tampilkan profile kampus, agar didapatkan informasi tentang kampus seperti visi dan misi, informasi umum yang berkaitan dengan ijin operasional dari KEMENDIKBUD, fasilitas kampus, akademik, kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian, informasi Program Studi dan informasi pendaftaran penerimaan mahasiswa baru berupa biaya perkuliahan, beasiswa yayasan dan banyak informasi lain mengenai kampus yang telah tertuang dan terinformasi di dalam website sebagai media digitalisasi.
Selain itu juga menggunakan platform Zoom Cloud Meetings sebagai media konferensi video secara online yang dimanfaatkan sebagai pertemuan antara kampus bersama para siswa-siswi di sekolah yang jarak sekolahnya jauh dari lingkungan kampus dan juga meminimalisir terjadi nya pencegahan dampak covid-19 pada masa pandemi. Platform media sosial lain juga dimanfaatkan yaitu WhatsApp, Instagram, facebook dan youtube.
Berbagai kampus lain turut berperan aktif dalam proses ini salah satunya dengan melakukan sosialisasi atau memperkenalkan kampus bersama sejumlah sekolah yang siswa-siswinya sedang mencari perguruan tinggi sebagai calon mahasiswa. Institut Shanti Bhuana juga tidak ketinggalan melakukan hal yang sama yakni dengan melakukan sosialisasi terutama siswa/i kelas 12 (SMA/SMK). Kegiatan sosialisasi sudah menjadi rutinitas setiap tahun yang di upayakan oleh tim Promosi Kampus. Anggota Tim promosi ini adalah para mahasiswa Institut Shanti Bhuana bersama para dosen sebagai pembina.
Kehadiran prodi Teknologi Informasi terasa sangat membantu atas terselenggaranya sosialisasi karena menjadi lebih mudah dengan adanya keterlibatan mahasiswa prodi TI sebagai support system yang tepat. Memasuki tahun ajaran baru tim promosi kampus Institut Shanti Bhuana sudah antusias dalam persiapan promosi dengan melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah terdekat lingkungan kampus.
Promosi kampus selama tiga tahun ini cukup berbeda dengan promosi pada tahun sebelumnya yang menggunakan metode menjemput bola atau mendatangi langsung sekolah-sekolah, namun karena situasi pandemi sosialisasi di lakukan secara online. Siswa-siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tentunya membutuhkan banyak informasi mengenai pendidikan tinggi, terutama dalam melanjutkan studi mereka ke Perguruan Tinggi yang akan dilanjutkan setelah kelulusan. Konsep Sosialisasi yang dilakukan oleh Tim promosi kampus Institut Shanti Bhuana dimulai dengan perkenalan para anggota, pemutaran video profil kampus, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan berbagai informasi. Adapun informasi yang disampaikan yang berkaitan dengan visi dan misi kampus, kegiatan, fasilitas, serta kehidupan berasrama. Kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab, pertanyaan paling banyak menarik minat siswa adalah mengenai kehidupan berasrama karena uniknya para mahasiswa di kampus ISB ini wajib tinggal di asrama yang tujuannya adalah untuk membina karakter kepribadian setiap mahasiswa.
Kuantitas mahasiswa adalah barometer tingkat keberhasilan suatu perguruan tinggi. Semakin tinggi kuantitas mahasiswa menunjukkan kemajuan suatu perguruan tinggi. Mulai dari kualitas para dosen, intelektualitas dan integritas mahasiswanya, akreditasi, serta tidak lupa tingkat kesejahteraan civitas akademika merupakan poin penting penilaian para calon mahasiswa. Oleh karena itu, tidak heran banyak perguruan tinggi yang semakin giat mempromosikan institusinya. Berbagai cara akan dilakukan untuk mendapat kemajuan dan prestasi yang akan dicapai. Untuk itu promosi kampus adalah hal penting yang bisa dilakukan, bukan hanya ‘menjual’, tetapi juga bagian penting dimana perguruan tinggi bisa menjelaskan kontribusi perguruan tinggi untuk dunia kerja para alumnusnya. Bisa dikatakan, promosi adalah investasi yang bernilai tinggi.
Institut Shanti Bhuana (ISB) sekarang semakin dikenal masyarakat, perguruan tinggi ini, bukan hanya menekankan tentang intelektualitas, tetapi membangun sikap religius dan integritas yang baik untuk para mahasiswanya. ISB juga bisa dikatakan kampus kekinian yang selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan.
Sekarang, kegiatan promosi, tidak hanya mengandalkan brosur saja. Tetapi, harus juga melakukan ‘jemput bola’ ke setiap sekolah SMA/SMK. Kegiatan ‘jemput bola’ ini semakin menuju kesuksesan, karena sekarang masyarakat semakin menyadari pentingnya pendidikan dalam dunia kerja. Dengan kemajuan teknologi sekarang, pandemi bukan suatu penghambat untuk bertemu langsung ke sasaran promosi, karena semua bisa dilakukan secara virtual. Sehingga, informasi dapat dengan cepat didapatkan dari perguruan tinggi kepada siswa SMA. Untuk itulah, ISB mengajak dan meyakinkan masyarakat untuk menjadikan ISB sebagai tempat yang tepat untuk melanjutkan pendidikannya melalui zoom meeting.
Pada hari Kamis, 03 Februari 2022, ISB melakukan kegiatan promosi secara virtual ke beberapa sekolah, yaitu SMA Negeri 01 Ngabang dan SMA Negeri 01 Toho. Kegiatan ini dilakukan bersama tim promosi kampus yang diinisiasi oleh team promosi, (kolaborasi mahasiswa dengan dosen) Tujuan diadakannya kegiatan promosi kampus ini adalah mengajak para siswa/i SMA untuk ambil bagian menjadi keluarga besar Amarean ISB. Kegiatan ini dilakukan di pagi dan siang hari dengan durasi waktu sekitar 2 jam. Promosi dikemas dengan sangat apik menjunjung tinggi nasionalisme dan kekeluargaan..Respon dari para peserta, semua menjadikan
kegiatan promosi semakin menyenangkan. Bukan hanya menjelaskan tentang kampus dan kehidupan berasrama, tim promosi ISB juga men-sharing-kan pengalamannya selama berada di kampus kita tercinta ini. Harapannya masih tetap sama, semoga ISB lebih dikenal dan terus melebarkan sayapnya, sehingga masyarakat menjatuhkan pilihan mereka kepada ISB. Untuk itu, mari kita bersama berkarya sambil berdoa untuk membangun ISB yang lebih baik dan maju dengan berlandaskan budaya Amare.
Penerimaan mahaiswa baru tahun ajaran 2022/2023 Institut Shanti Bhuana (ISB) telah dibuka secara online (PMB) Gelombang 1, pendaftaran akan berakhir pada tanggal 27 Mei 2022 dan untuk tes TPA & wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2022. Gelombang 2, penutupan pendaftaran pada tanggal 27 Juni 2022, dengan pelaksanaan tes TPA & wawancara pada tanggal 30 Juni 2022. Dan terakhir, pada gelombang 3 pendaftaran akan ditutup tanggal 25 Juli 2022 dan pelaksanaan tes TPA & wawancara pada tanngal 28 Juli 2022. Informasi selengkapnya https://shantibhuana.ac.id/pendaftaran/ Sekarang, target mahasiswa yang mendaftar adalah 250 orang.
Deum Amare Et Amatum Facere
Author: Charly Orilya Alfa
Editor: Usman dan Yuliana