Kegiatan Talk Show di Asrama Institut Shanti Bhuana yang Bertema “Membangun Percaya Diri”

BENGKAYANG, ISB – Anak-anak Asrama Institut Shanti Bhuana, pada Sabtu 21 Mei 2022 pukul 19.00-21.00 melakukan Talk Show yang diadakan oleh anggota fraternitas dengn tema “Membangun Kepercayaan Diri”. Tema ini sangat menarik karena bersentuhan langsung dengan para mahasiswa/i yang tinggal dalam asrama, sebagai generasi muda yang mendatang yang akan  menghadapi dunia kerja.

Dalam kegiatan Talk Show tersebut, anggota fraternitas menghadirkan dua Frater CSE dari pertapaan Bandol yaitu Fr. Timotius Maria, CSE dan Fr. Crisantus, CSE. Dalam isi Talk Show itu pertama-tama Frater mengajak seluruh mahasiswa/i asrama untuk dapat mengerti apa sih itu kepercayaan diri? Menurut Frater Timotius Maria, CSE kepercayaan diri adalah seseorang memiliki keyakinan atas siapa dirinya, atas apa yang sedang dirinya lakukan dan yakin atas apa yang dia miliki. Kepercayaan diri juga saya tahu diri saya seperti apa dan tidak takut, tidak mudah tersinggung dan mau menerima kritikan orang lain.  Sedangkan orang yang gampang marah itu termasuk ekstrim dari tidak percaya diri.

Ada beberapa pertanyaan yang diberikan kepada Fr. Timotius pertanyaan pertama yaitu kenapa orang bisa percaya diri? Fr. Timotius pun menjawab dengan sangat sederhana dan bijak yaitu yang pertama dia tahu dirinya adalah berharga, kedua berani mengambil resiko, ketiga karena dia tahu siapa dirinya maka tidak akan terpengaruh oleh orang lain dan ke empat tidak takut untuk dikritik. Pertanyaan kedua bagaimana sih cara agar percaya diri? Pertama-tama kita kenali dulu siapa sih diri kita selanjutnya tidak mendengarkan kritikan orang lain dan percaya diri.

Berjalannya Talk Show selama 2 jam ini berlangsng sangat interaktif. Mahasiswa/i Institut Shanti Bhuana dengan penuh antusias mengikuti Talk Show tersebut, hal ini tampak dari semangat mahasiswa/i dalam bertanya dengan narasumber dan sepanjang acara berjalan mahasiswa/i menyimak setiap materi yang diberikan.  Salah seorang mahasiswi angkatan 2020 Betrishandi Titiaurely mengaku sangat senang  dengan Talk Show tersebut. Ia mengaku dengan adanya Talk Show tersebut dirinya termotivasi untuk menjadi orang yang percaya diri. “saya dapatkan dalam Talk Show pada malam rekreasi ini mengenai kepercayaan diri saya, jadi saya memahami bahwa pentingnya percaya diri, saya pribadi yang seperti ini dan saya juga tahu bahwa saya adalah orang yang seperti ini, jadi saya bisa menilai diri saya sendiri” ujar Betrishandi Titiaurely kepada tim reporter asrama Institut Shanti Bhuana.

Authors: Dewi Tila Elisa dan Seselia Mery