Prodi Teknologi Informasi ISB selenggarakan Kuliah Umum dengan tema: Pemrograman Android Dan Sistem Berkas

Pada Hari Selasa, 10 Mei 2022 diselenggarakan Kuliah Umum oleh Program Studi Teknologi Informasi Institut Shanti Bhuana Bengkayang-Kalimantan Barat dengan tema “Pemrograman Android dan Sistem Berkas”. Kuliah umum ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dimulai pada pukul 10:45 – 12:00 WIB diikuti oleh 39 peserta kemudian dilanjutkan pada sesi kedua pukul 14:00 – 16:00 WIB dengan jumlah 34 peserta.

Kuliah umum ini dihadiri oleh Bapak Azriel Christian Nurcahyo, S.Kom., M.Kom selaku Kepala Program Studi Teknologi Informasi dan juga para Dosen, serta seluruh Mahasiswa/i dari Program Studi Teknologi Informasi, ditambah pula antusias para peserta dari luar melalui Zoom Meeting. MC kali ini adalah Charley Orilya G.A.D.H.U dan Sonia Dara Fortunata yang merupakan Mahasiswi Prodi Teknologi Informasi Angkatan 2021 mereka bertugas sebagai memandu jalannya kegiatan kuliah umum. Dengan diadakannya kuliah umum ini bertujuan sebagai wadah untuk menambah wawasan kepada Mahasiswa/i supaya mendapatkan pengetahuan secara luas berbasis Teknologi khususnya dibidang aplikasi android dan dalam mengelola sistem berkas.

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Ahmad Zuli Amrullah, S.Kom., M.Eng, beliau merupakan dosen dari Universitas Bumi Gora Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pada kesempatan ini, beliau memaparkan tentang pemrograman android. Untuk materi kedua dipaparkan oleh Bapak Gogor Chrismass Setyawan S.Si.,M.Cs, beliau merupakan dosen dari Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta. Beliau juga memaparkan materi tentang sistem berkas. Materi yang disampaikan oleh kedua Narasumber sangat  menarik tentunya dapat memberi pengetahuan kepada mahasiswa/i untuk dapat mengembangkan diri khususnya dalam bidang teknologi. Dalam pemaparan materi dari Bapak Ahmad Zuli Amrullah, S.Kom., M.Eng, mengupas secara detail mengenai pemrograman android. Android sendiri merupakan sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Pemrograman Android adalah pemrograman berbasis Java untuk membuat aplikasi pada device smartphone, tablet maupun device lainnya yang menggunakan sistem operasi berbasis android. Membuat aplikasi android adalah suatu hal yang seru sekaligus menantang, namun masih banyak yang mengira bahwa memiliki skill coding itu mudah. Padahal, dalam menciptakan aplikasi android pada dasarnya dibutuhkan pemahaman yang mendalam bagaimana memahami bahasa pemrograman android dan rancangan desainnya.

Pada sesi kedua disampaikan oleh Bapak Gogor Chrismass Setyawan S.Si., M.Cs, dalam kesempatan tersebut beliau memberikan gambaran bahwa Sistem Berkas merupakan sistem penyimpanan, pengorganisasian, pengelolaan data pada alat penyimpan eksternal, dengan menggunakan teknik organisasi data tertentu secara online. Dengan adanya sistem berkas kita dapat mengetahui bagaimana cara menyimpan data dari file tertentu dan organisasi file yang digunakan. Sistem berkas menyediakan pendukung yang memungkinkan programmer mengakses file tanpa menyangkut perincian karakteristik penyimpanan dan peralatan pewaktu. Sistem berkas mengubah pernyataan akses file menjadi instruksi/output level rendah atau dengan kata lain sistem berkas adalah cara untuk mengambil informasi dari suatu file.

Pada kesempatan sesi terakhir, membuka sesi tanya jawab dan berbagi pengalaman kepada seluruh peserta kuliah umum sehingga tercipta suasana diskusi dari dua arah antara Narasumber dan peserta. Pertanyaan dari para peserta pada sesi ke 2 mengarah ke file penyimpanan, baik di laptop dan Hp dan juga bertanya mengenai sistem atau aplikasi yang berbasis sistem berkas untuk masa kini yang banyak digunakan, sedangkan sesi pertama pada pemrograman android adalah bagaimana membangun aplikasi android dan tools apa saja yang perlu di persiapkan. Sesi tanya jawab dan sharing pada kuliah umum berakhir hingga ditutup dengan Doa bersama yang dibawakan oleh Pembawa Acara.

Penulis : Essya

Editor   : Yuliana